kepada, YTH calon ayah

3:43 PM


kepada:
YTH calon ayah
di tempat

Bisa jadi, kamu sekarang sedang bersenda gurau sambil merokok dengan teman sebayamu. Di umur dua puluhan, sepertinya, menjadi ayah masih jauh dari benakmu. dan saya mengerti itu, dan kamu bebas pula berperilaku seenakmu, semaumu, selagi kamu belum jadi seorang ayah.

perempuan sering dibilang "calon ibu". Bahkan, kalau dari pengalaman saya, sejak kecil. kalau saya tidak becus menyapu, dibilang bagaimana nanti kalau menjadi istri, atau ibu. kalau saya tidak becus memasak, dibilang bagaimana nanti, kalau saya jadi istri atau ibu. kalau saya main malam, main dengan lelaki, main dijalanan, tidak pantas katanya buat seseorang yang nantinya jadi istri atau ibu. dibilang, kalau ibunya enggak becus, bagaimana nanti anaknya.

apakah laki-laki juga mengalami hal ini? kenapa saya pikir, rasanya tidak? mengalami atau tidak, laki-laki dan perempuan punya porsi dan pengaruh yang sama besarnya terhadap seorang anak. walaupun perempuan yang mengandung dan melahirkan, toh ini juga tidak akan terjadi tanpa laki-laki.

YTH calon ayah, kelak, ketika kamu sudah memutuskan untuk menjadi ayah, tanyakan pada dirimu, apakah kamu sudah siap? secara mental, untuk ditiru, untuk dihisap sebagian hidupnya, untuk dijadikan tolak ukur, untuk dijadikan penilaian seorang anak tentang hidup, untuk bertindak di luar rumah, untuk jadi alasan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu, untuk menjadi penentu atmosfer keluarga, untuk menjadi penuntun, untuk menjadi orang yang menentukan sebagian besar dari masa depan keluarga, untuk menjadi alasan di bawah sadar seorang anak ketika beranjak dewasa dan berusaha mencari jawaban mengapa dia harus menghidupi hidupnya.

karena demi tuhan, jika kamu tidak siap, kamu tidak bisa bayangkan, berapa banyak hati yang patah dan berapa banyak hidup yang akan kamu buat menjadi, pahit.























ps: mother is the hardest job that i don't think i will ever capable of.
and having a child is another way to create one more person to mourn in this unhappy life.

You Might Also Like

19 comments

recent posts

Dear you,

Be a Creator, Today!

Be a Creator, Today!
Click at the Image to know how you can earn money from writing!

Google+ Followers

Subscribe