Pengalaman Perempuan Banyak Maunya Menginap di Hotel Budget yang Instagramable di Jogja

10:39 PM



“Jogja memang istimewa, aduh! Laft."

Iya, instagramable. Enggak harus banget foto-foto lalu upload ke Instagram juga sih, tapi instagramable ini lately jadi keyword yang relevan pengganti ‘design bagus.’Jadi biasanya saya browsing dengan keyword ini.

Walaupun bukan anak design interior, tapi saya suka sekali sama hotel yang desainnya menarik. Juga, biasanya hotel-hotel tipe ini masih baru, jadi enggak ada hawa-hawa menyeramkan kalau menginap di sana. Maklum, kalau di Jogja seringkali saya sendirian. Biasanya karena nungguin Irfan kerja, dia sempat dua tahun kerja di sana jadi saya sering berkunjung sambil berwisata. Walaupun enggak kesepian, saya kadang suka takut kalau lagi sendirian di hotel yang suasananya suram.

Saya juga bukan blogger yang mendapatkan undangan buat nyobain hotel manasuka --sejujurnya pengen sih. Jadinya masih memikirkan harga ketika mau booking hotel. Budget yang saya maksud di sini berada di kisaran IDR 200-600 ribu. Tapi maaf yah, enggak ada pembahasan historikal atau wawancara dengan pemilik hotel. Saya juga jarang banget foto suasana kamar, he-he-he, selalu lupa dan seringkali malas.

So here you go, countdown beberapa hotel budget instagramable favorit saya kalau ke Jogja! So far ada delapan, semoga segera bertambah, amiin.


8. Student Park Apartement
Address: Jl. Seturan Raya no. 1, Seturan, Catur Tunggal, Depok, Caturtunggal, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia
Phone: +62 274 487423




Sebenarnya kalau dari segi desain, dia enggak termasuk instagramable, kecuali infinity rooftop pool-nya! Tapi karena dari segi rate masuk, yaudah saya masukkan ke list ini. Plus ada dapur, lumayan bisa masak. Dari sisi lokasi dan kenyamanan juga lumayan, kok. Tapi ya, desain hotel dan kamarnya seperti hotel kebanyakan.

*Irfan said: kolam renangnya bagus.


7. Dasinem Family Homestay
Address: Pogung Dalangan Rt 011/050 Mlati, Sinduadi, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284, Indonesia
Phone: +62 274 2922044




Homestay yang satu ini mungil dan sederhana banget dari luar, tapi dalamnya lucu, furniturnya menarik dan kamarnya bersih. Dalam satu unit ada tiga lantai, lantai satu dan dua itu kamar dan di lantai dua ada dapur dan ruang makan bersama. Cocok banget disewa satu unit buat sekeluarga ramai-ramai.


Lokasinya agak jauh dari keramaian, dekat ke kampus UGM, kayaknya memang targetnya adalah keluarga mahasiswa yah? Agak masuk-masuk gang juga, jauh kalau mau nyari tempat makan atau hiburan. Dan enggak ada kolam renangnya, yah. Tapi lumayan kok, buat budget hotel!

*Irfan said: Enak ada balkon buat ngerokok.


6. Pawon Cokelat Guesthouse
Address: Jalan Sosrowijayan No.102 Gang 1, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271, Indonesia
Phone: +62 822-2534-7824
Instagram: @pawoncokelat




Dekat banget buat yang mau berkeliaran di sekitaran Malioboro, tinggal ngesot. Karena hotel ini memang ada di belakang toko-toko di Malioboro itu. Saya juga sempat jalan kaki dari hotel ke sana buat belanja dan makan. Suasananya juga enak, dapat sarapan nasi goreng (menu, enggak buffet).

Tapi karena lokasinya di gang, kendaraan enggak bisa masuk. Kalau bawa mobil harus parkir di parkiran sekitaran Malioboro. Kalau bawa motor begitu masuk gang mesin harus dimatikan lalu didorong sampai hotel. Enggak jauh sih, tapi ya enggak praktis memang.

Waktu saya ke sana suasanya sepi jadi buat yang enggak suka suasana hingar-bingar, ini pas. Tapi saking sepinya, petugasnya juga kadang enggak ada. Padahal saya sukanya petugas hotel yang stand by, bikin ngerasa aman aja. Mungkin alasan ini saya aja yah yang merasakannya. Dari semua hotel yang ada di list ini, cuma dia sih yang begini. Padahal pas udah datang sih malah ngobrol sama Irfan -- dia memang suka begitu.

Oh iya satu kekurangannya juga waktu itu toiletnya kurang bersih, enggak kotor, sih. Tapi saya agak neat and clean freak, jadinya toiletnya a bit bellow my standard. Murah boleh, kotor jangan. Tapi ini minor, kalau major enggak akan masuk list ini.

*Irfan said: Deket ke angkringan Stasiun Tugu, banyak yang suka nongkrong. Deket ke kota, bisa jalan-jalan.


5. Omah Njoja Bed & Brasserie
Address: Jalan Sawitsari Blok M1, Condongcatur, Depok, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia
Phone: +62 274 885645
Instagram: @omah.njonja





Lucu banget! Biasanya enggak memilih design hotel yang warna-warni. Tapi sekali ini tergoda sama flamingo floatie yang mengambang di kolam renangnya, iya alasan yang cetek. Tapi puas main sama floatie selama nginep di sini, kebetulan juga dapat kamar pas depan kolam renang, ye-ye-ye.

Lokasinya sebenarnya agak jauh dari keramaian, deketnya ke sekitaran Gejayan, kebetulan kami juga mau birthday dinner di Gadjah Wong, jadi pas! Tapi sebenarnya sih ya kalau jalan-jalan di Jogja pakai motor atau mobil, ke mana-mana enggak jauh lah. Kecuali ke Gunung Kidul, ke pantai-pantai itu luar kota, yah, makanya jauh. Tapi bisa kok naik motor, saya sih sampai Museum Merapi atau Pantai Drini juga naik motor, pegel pantat aja paling. 

Tapi waktu saya nginep enggak ada sarapan, mungkin masih baru? Saya lihat di Instagramnya sekarang udah bisa pesan sarapan. Tapi pas di depannya ada lesehan gudeg di jam sarapan, tinggal 'salto.' Lalu karena kamar pas di depan kolam renang, pagi-pagi berisik yang pada berenang. Karena yang lain cekatan sekali jam 7 udah di kolam. Tapi enggak apa-apa, pas pulang dikasih kenang-kenangan tote bag buat bawa bakpia, he-he-he.

*Irfan said: Desainnya menarik!


4. Lokal Hotel & Restaurant
Address: Jalan Jembatan Merah No. 104C, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283, Indonesia
Phone: +62 274 524334
Instagram: @lokal_id




Paling hits pada masanya. Sekitar dua atau tiga tahun lalu hotel dan restoran Lokal ini hits sekali di Instagram, khususnya di kalangan pelancong dari Jakarta. Ubin batiknya khas banget, pasti jadi spot foto.

Lokasinya lumayan dekat dari Omah Njoja Bed & Brasserie. Dekat ke Gejayan juga, banyak café dan beberapa distro yang tampaknya cukup diminati penduduk lokal. Dekat juga sama Selokan Mataram yang banyak warung-warung makan yang dipadati adik mahasiswa. Tapi kan di depan hotelnya juga ada restorannya, makan sih gampang yah, makanan di restonya juga enak, dengan harga Jakarta.

Kolam renang dan kamarnya menyenangkan, ada mini fridge dan beberapa minuman ringan free. Tapi karena saya pesan kamar yang bukan untuk family, enggak kebagian jendela. Enggak suka aja kamar enggak berjendela, kayak sumpek. Untuk family room ada dua lantai, lebih seru, deh! Lalu anduknya juga kurang putih dan air panasnya sempat mati beberapa jam. Tapi mungkin sudah lebih baik sekarang.

*Irfan said: Coffee Afogatonya enak!


3. Yats Colony
Address: Jl. Patangpuluhan No.23, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251, Indonesia
Phone: +62 274 375948
Instagram: @yatscolony





Paling hits pada masa ini. Saya juga memutuskan menginap di sana karena melihat foto-foto di Instagram, ada beberapa selebgram dan teman yang posting foto ketika menginap di sana.

Dan memang design-nya menarik, tapi kolam renangnya enggak seluas seperti yang terlihat di foto. Kalau ada sekeluarga dengan tiga anak kecil, kelar deh buat mereka aja. Notes buat yang kurang suka anak kecil seperti saya, banyak keluarga yang menginap di sini, jadi siapkan mental, yah. Kalau enggak di kolam biasanya mereka di depan main-main becak mini, cute!

Lokasinya jauh dari keramaian. Dan karena masih baru juga karena tulisan hotelnya kurang mencolok, beberapa bapak Uber enggak tahu lokasinya. Untuk mencari makan malam juga agak sulit daerah ini ketika keluar enggak banyak pilihan, paling ada beberapa angkringan. Jadi pilihannya paling makan di restoran, yang mana makanannya enak, dengan harga Jakarta. Jadi kalau mau nyari yang lebih murah atau menu lokal ya harus naik kendaraan.

Sarapannya worth the money banget! Kita bisa pesan menu dan ada buffet juga. Anata yang malas bangun aja saya paksa buat sarapan. Sayang banget kalau sampai kelewat! Dan enggak tahu kenapa, kasurnya enak banget, lupa mau liat mereknya, ha-ha-ha.

*Irfan said: Iri, enggak ikut nginep di Yats.


2. Greenhost Boutique Hotel
Address: Jalan Prawirotaman II No. 629, Brontokusuman, Mergangsan, Brontokusuman, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153, Indonesia
Phone: +62 274 389777
Instagram: @greenhosthotel






Dua tahu lalu menginap di sini harganya masih di kisaran Rp400 ribu, sekarang kalau lagi high season bisa sampai Rp 900ribu. Makin kesohor. Tapi memang menyenangkan menginap di sini, kamarnya, ukuran kasurnya, kamar mandinya, buffet sarapannya yang menyajikan makanan lokal, restorannya, dan lokasinya juga enak.

Greenhost juga punya kolam renang, tapi entah kenapa posisinya bikin saya enggan berenang. Padahal saya merasa rugi kalau nginep di hotel enggak berenang, ha-ha-ha. Kolam renangnya seperti menarik perhatian, apalagi kalau ada yang lagi makan di resto sebelah kolam. Belum lagi banyak yang foto-foto dengan background pool, jadi males aja. Tapi ini kan saya, ya, padahal mah cuek aja!

*Irfan said: Hijau, banyak dedaunan.


1. Adhisthana Hotel Yogyakarta
Address: Jalan Prawirotaman II No.613, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153, Indonesia
Phone: +62 274 413888
Instagram: @adhisthana





Bertengger di nomor satu! Saking udah nyamannya, beberapa kali ke Jogja nginepnya di sini enggak nyari hotel lain, ha-ha-ha. Dia ada di posisi pertama karena worth the money. Dengan rate per malam yang lumayan banget apalagi kalau di low season, fasilitasnya memadai. Sebenarnya Adhisthana dan Greenhost jaraknya paling sepuluh langkah, dekat tapi beda rate-nya jauh banget.

Kamar yang nyaman, bersih, furniture baru, kamar mandi enggak spooky. Sarapan mini buffet di mana kita juga bisa order omelet dari café-nya. Dan sejak tahun lalu mereka juga punya kolam renang! Oh iya, mereka juga punya bunk bed buat yang backpacking, rate-nya sekitar Rp 100 ribu, biasanya sih lebih banyak foreigner yang memilih fasilitas ini.

Lokasinya juga enak buat yang lagi wisata. Apalagi kalau sendirian, soalnya kalau jalan kaki dikit dekat ke beberapa café di jalan Prawirotaman. Jangan lupa ke gang sebelah, ada Tempo Gelato yang tersohor itu. Juga ke melipir dikit ke jalan Tirtodipuran buat nyobain Bubur Duren Mlekoh di Warung Bu Ageng kepunyaannya ibunya seniman Butet Kartaredjasa. Emm, harus bikin tulisan kuliner Jogja nih, oke, maybe next.  

Dan buat yang nonton AADC2, hotelnya pas di depan café tempat mereka shooting, saya belum nonton sih, tapi sempat baca-baca itinerary trip Jogja napak tilas AADC2, true story.

*Irfan said: Deket tempat ngopinya Cinta.

Anyway, di mana pun hotelnya Jogja selalu istimewa. Selamat berlibur di salah satu kota kecintaanku!


You Might Also Like

0 comments

recent posts

Dear you,

Be a Creator, Today!

Be a Creator, Today!
Click at the Image to know how you can earn money from writing!

Google+ Followers

Subscribe