Pengalaman Perempuan Banyak Maunya, Potong Rambut Pendek di Beberapa Salon di Jakarta


"Style is a way to say who you are without having to speak," Rachel Zoe.

Doni Salon di Jalan Jurang, Bandung. Andalan dari jaman masih kuliah. Walaupun sesekali ke Swarga, karena potong bareng teman yang melanggan di salon ini. Tapi belakangan malah dia yang melanggan di Doni, dengan kapster mas Dion, idola. Enggak banyak gosip, fokus bekerja, potongan rapi, harga terjangkau.



Hair by, mas Dion. Foto by aa Irfan.

Tapi makin lama makin jarang pulang ke Bandung. Dan saya kalau udah pengen potong rambut, kalau udah mood ganti penampilan, harus banget dilaksanakan saat itu juga. I really love changing my hair style. Walaupun kadang harus ditahan-tahan juga kalau mau model di luar pixie, karena paling sering potong model ini kan. Kalau mau short bob doang misalnya, kan harus dipanjangin dulu sampai rambut paling pendek bisa sampai ke bawah telinga. Duh. Anyway, akhirnya nyari-nyari salon di Jakarta. Apa susahnya sih nyari salon di Jakarta, kan banyak? Justru karena banyak!


**Jalan Jurang no. 89 Bandung Utara/Sukajadi
022 2032377

Haircode Salon
Kacamatanya, OMG.

Buat saya syarat utama sebuah salon adalah harga, kualitas kapster, lokasi, dan terakhir suasana salon. Dulu dengan gaji reporter, saya enggak sanggup mengeluarkan uang di atas Rp150 ribu untuk potong rambut. Akhirnya beberapa kali saya ke salon Haircode, ITC Kuningan atas rekomendasi fashion stylist di kantor. Katanya lumayan oke dan terjangkau. Dan ternyata memang iya, ya lumayan lah. Tapi tutupnya cepet, jalanan ke venue macet, dan ramenya minta ampun.


Kalau udah sepanjang ini pasti potong.


Enggak lama, saya beralih ke Haircode, Epicentrum, Kuningan. Soalnya itungannya deket kalau dari kantor yang dulu, dari Jalan Imam Bonjol ke Epicentrum itu kayak 15 menit. Kalau macet bisa dua jam. Yah, namanya juga Jakarta.

**Epicentrum Walk lantai 2, No. W 328 C
021 29941004
@haircodegi (nemunya yang di GI)


Cyber Hair Youth Salon
Tapi dasar BM (banyak maunya) saya kurang puas. Mau kapster yang lebih bisa bikin model rambut yang agak hipster gitu. Secara kalau nyari rekomendasi potongan rambut keywords-nya selalu, “short hair, London street style.” Gitu, deh, banyak gaya, padahal potongan yang dipilih bedanya dikit-dikit. Tapi buat saya, perbedaan dikit di rambut pendek akan banyak terlihat. Dan ini sangat ditentukan oleh keahlian kapster.


Jarang foto pas model rambut ini.
Padahal salah satu fave dan sempet diulang beberapa kali.


Akhirnya atas rekomendasi teman, saya nyoba salon yang katanya buat anak gaul Jakarta, Cyber di Jalan Bumi, enggak jauh dari Senayan City. Sempat beberapa kali ke sana dan puas sama potongan rambutnya. Walaupun harganya memang lebih mahal dari Haircode, sekitar Rp200 ribuan belum tips. Tapi worth it lah.



Model asimetris gitu. lho.
File aslinya gatau di mana.

Tapi terakhir kali saya manicure & pedicure di sana merasa enggak nyaman sama mbaknya, jadi males balik. Pun karena kantor saya pindah ke Kebon Jeruk.

**Jalan Bumi No.26 Pakubuwono, Kebayoran Baru, Jakarta
082213847277
@saloncyberhair


Kaminoke Hair Studio
Besok paginya, abis keramas. *tetep, padahal gabole.

Ketika cerita sama teman kalau saya pengen mengeriting rambut, dia rekomendasi Kaminoke, Pesanggrahan, dekat kantor dan kosan. Karena melihat di rambut dia bagus, saya coba. Saya pengen keriting beach hair alias wavy ala-ala poster iklan ROXY.

Tapi jadinya saya kayak Madonna di masa awal kemunculannya. Walaupun kata teman-teman saya bagus, it’s not what I want. Melihat muka saya yang bete, saya dapet diskon! Jadi sekitar Rp400 ribuan udah sama potong juga. Ha-ha-ha. Ini pengalaman epik. Ini keritingnya sebenarnya bagus ya, tapi bukan kayak bayangan saya aja sih jadi kurang puas.

Anyway, rambut keriting itu repot, ya! Supaya kelihatan rapi dan bouncy, saya harus pakai mousse. Kalau enggak, bakal ngembang enggak jelas. Tapi saya masih kekeuh pengen rambut wavy, saya pun mencoba membetulkan keritingan saya ini di Sonju Hair Art Gallery di Taman Ratu. Ini rekomendasi temen yang keriting di sana juga dan hasilnya bagus.


Bajunya itu lagi-itu lagi. Maav.

Jadi lebih loose dan wavy sih. Tapi kata mbaknya kalau rambutnya hitam emang enggak terlalu kelihatan efek wavy-nya, kalau bule kan tekstur warna blonde-nya aja gradasi yah, ha-ha-ha. Buang-buang uang Rp400 ribuan kalau enggak salah. Tapi setelah saya biarin sih lumayan juga, walaupun enggak kayak model ROXY. Jadi sudahlah saya pasrah.

**Jalan Pesanggrahan No. 8, Meruya Utara, Jakarta Barat
021-58906749 
@kaminoke_hairstudio


One Piece Hair Studio, Central Park
Keritingnya mulai lepas enggak jelas.

Ketika mulai agak panjang, keritingannya mulai loose, dan saya mulai gerah, saya potong deh di One Piece, Central Park. Ini juga rekomendasi fashion stylist di kantor. Tapi dia sudah mengingatkan harganya lebih mahal, ya. Alhamdulillah gaji sudah naik, jadi boleh lah, biaya potong naik dikit jadi Rp250 ribuan.

Seneng ya, pas lagi potong lagunya Jepun semua, he-he-he. Gaya-gaya masnya juga kayak di anime, uuu senpai! Ha-ha-ha. Dan hasil potongannya juga oke, mengakomodasi keinginan sambil memberikan tips juga. Setelah mencapai kesepakatan bersama baru mulai potong.


Kembali ke asal.

Saya sempat kembali ke salon ini, dalam selang waktu yang enggak terlalu lama. Soalnya keritingan saya cepet banget ilangnya. Maklum, saya keramas setiap hari padahal udah dibilang jangan. Dan saya juga udah lelah aja sih, pengen kembali ringkes!


**Central Park Mall level 2 unit 105, Jakarta, Indonesia
021 29201008/09
@onepiecehairstudio


Sonju Hair Art Gallery

Poninya masih pendek gabisa rata.

Ketika keinginan mengubah penampilan itu hadir kembali, saya terlalu malas ke Central Park. Kok kayaknya males yah menempuh perjalanan yang kalau macet jadi jauh dan males masuk ke mall. Ke mall itu capek. Harus ngantri masuk lobby, jalan, naik escalator, liat orang banyak, kulelah. Akhirnya nyoba lagi ke Sonju Hair Art Gallery tapi kali ini kan potong rambut, jadi langsung ke Sonny creative directornya.

Seperti salon lain, janji potong paling malam jam 7. Karena lumayan dekat dari kantor, keburu, dong. Akhirnya potong sama Sonny. Kalau sama dia bukan cuma diskusi, agak berdebat malah menentukan model rambut. Karena saya mau potong rambut bob rata sependek cuping telinga sementara dia takut saya menyesal.

Jadi tiap kali mau motong dia nanya, “Bener, nih, yakin?” Ha-ha-ha. Dia juga ngasih tahu kenapa dipotong dengan cara tertentu dan apa efeknya. Dan hasilnya cakep! Bahkan setelah agak panjang masih kelihatan modelnya. Biasanya kan suka jadi agak berantakan, yah. Harga juga enggak jauh lah sama One Piece. I think I’m gonna be back soon. Ha-ha-ha.

Jadi sebenarnya, faktor utama saya dalam mencoba salon adalah rekomendasi teman. Kalau ada yang pernah nyobain kan kita jadi agak pede lah ya. Atau bisa juga browsing di blog atau Instagram. Tapi belakangan ini juga jadinya persoalan, terlalu banyak buzzer dan beauty blogger yang emang dibayar buat nyoba. Ya ulasannya pasti bangus, dong, ya? Kusulit percaya.

Sehingga, kalau lagi bingung, boleh dicoba beberapa rekomendasi salon buat potong pendek di Jakarta dari saya ini. Karena saya selalu potong pendek, saya enggak tahu yah gimana kualitasnya kalau memotong untuk model lain atau coloring, enggak pernah nyoba soalnya, bisa cari dari blog lain.

Next, potong model gimana lagi, yah? 

**Sonju Hair Art Gallery ( S.H.A.G )
Jalan Ratu Kemuning Blk F8 No 3D - E,
Komplek Taman Ratu - Jakbar
021-56962709
@sonnysonju


FYI, buat yang lagi nyoba rambut keriting, pastinya butuh hair styling gel atau natural shampo biar rambut keriting enggak rusak. Biar lebih murah, coba aja belinya di sini, suka ada promo. Apa lagi bentar lagi Harbolnas! Silakan dicoba, yah, geng.

Comments

  1. Teh, coba potong di haircode blok m plaza, nama kapsternya fatur/madam. langganan dari SMA, haha... (iko)

    ReplyDelete
  2. Aaaaakk.. seneng banget nemu postingan iniiii.. secara saya juga baru pindah dari Bandung dan lagi nyari salon di jakarta yang bagus buat potong pendek/pixie cut secara udah 3 tahunan ini rambut saya pendek mulu, dan dulu di roger dago aja sampe harus 5 kali ganti kapster buat nemu yang bener2 cucoook.. hahahha... btw pas potong di Hair Code epicentrum masih inget ga ya nama Kapsternya siapa? soalnya rumah di daerah kuningan, makanya paling deket mo nyobain disana deh kayanya :)... salam kenal yaaaaaa :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment