love yourself before you love another

"You must love yourself before you love another. by accepting yourself and fully being what you are, your simple presence can make others happy." - nn


















Kali pertama saya mendengarnya, saya masih smp. saya masih ingat, ketika smp saya sangat tertarik dengan banyak hal kecil yang membuat saya menyadari hal-hal sehari-hari dari beberapa bait kata. lalu saya menemukan ini, quotes ini, berkali-kali. dan saya mulai percaya. dan saya menarik simpulan semena-mena. because i don't love myself, so, i can't love others, so, no one will love me.

Lama saya hidup dengan simpulan itu. sampai saya bilang sama ibu saya, "mam, saya enggak mau punya anak kalau sudah gede nanti. Kasihan, anak saya pasti jelek kayak saya. Hitam kayak saya. dan sedih kayak saya. mendingan enggak usah punya anak," kata saya. ibu saya bilang, "yah, belum tentu." mungkin dia bingung harus jawab apa.

Sampai ketika sma saya menonton sebuah film, anime lebih tepatnya. ceritanya sangat aneh, abstrak dan depresif. padahal mengisahkan cerita anak-anak sma. lalu ada satu adegan, yang saya ingat sampai sekarang.

"Semua orang bilang, aku harus belajar mencintai diri sendiri baru bisa mencintai orang lain. tapi bagaimana kita bisa mencintai diri kita sendiri kalau kita tidak tahu bagaimana caranya. bagaimana kita bisa mencintai diri sendiri kalau kita tidak tahu kalau diri kita layak dicintai. Tapi ketika kamu mencintai saya dengan tulus, itu sangat mengagetkan. ternyata diri saya bisa dicintai. ternyata begini rasanya dicintai. dan karenanya, saya bisa sedikit memaafkan diri saya. dan mulai belajar mencintai diri saya sendiri," kata si tikus kepada manusia.

Dan dengan air mata ala anak remaja yang patah hati, saya mengamininya dan menunggu ada orang yang bisa membuat saya memaafkan diri saya.



ps: you should watch Fruit Basket anime. i also love the opening and ending songs. :D

Comments

  1. kalo gitu apa jadinya gue yak,dipilih sama seorang teman untuk di block untuk menyenangkan hati orang lain. *eh curhat*

    ReplyDelete
  2. wah aku keduluan sama kamu cil... tulisan tentang cinta diri. but, as usual, suka tulisanmu :-D
    btw, pernah tau bahasan psikologi kaca gak cil? ambiguitas antara kita dan refleksi pada kaca.

    ReplyDelete
  3. ah, sama, saya juga di block orang sampai diteror via sms segala (sampe curhat di tulisan cursed to be cursed dan peterpan). tapi kata seorang perempuan yang saya kagumi, dont think about those people who make you sad. unfollow unhappiness and follow the happiness dee. ayooo jangan mau di bully :D

    ReplyDelete
  4. emm, taunya teori reflective-self (psikologi-sosial-mead) intinya doang sih hahaha. dan waktu sma aku gakpernah baca beginian, belajarnya dari puisi, komik, lagu, dan film :)) *anaknya drama* boleh atuh, dibagi, rif :D

    ReplyDelete

Post a Comment