Yah, Seenggaknya Saya Sudah Berusaha Menyiapkan Wedding Song List


 *37 Lagu yang Akhirnya Enggak Diputar di Resepsi Pernikahan Saya



“The more messed up the wedding, the more great the marriage will be.” Carrie Bradshaw menenangkan Charlotte York di resepsi pernikahan keduanya yang berjalan enggak sesuai rencana. Kadang, walaupun kita sudah merencanakan sesempurna mungkin, shit happens. Misalnya nih, saya sudah menyiapkan wedding song list, jauh-jauh hari sebelum resepsi. Tapi, 37 lagu cinta saya ini akhirnya enggak diputar di resepsi pernikahan saya.

Tapi jangan sedih, soalnya saya juga enggak sedih. Enggak ingin juga mengubah kejadian ini. Di pelaminan, saya dan suami juga malah tertawa ketika tahu kalau MC (yang saya hormati, karena beliau adalah tetangga dan dosen di salah satu Universitas di Bandung) bilang ke kakak saya, lagu yang saya siapkan enggak sesuai untuk pernikahan. Dia bilang, pakai musik tradisional saja. Untung suami sudah menyiapkan juga, jadi ya sepanjang acara Degung Sunda aja yang diputar. And it was fine.

Mungkin ini bawaan usia. Atau mungkin akhirnya suami bisa mempengaruhi saya. Saya mulai berhenti melihat sesuatu sebagai ‘bagaimana seharusnya.’ Tapi ‘sebagai adanya.’ Dan jika adanya ia tak sempurna, maka itu adalah bagian daripadanya. What?

Anyway. Kok bisa bapak MC bilang lagu saya ini enggak sesuai diputar di resepsi? Mari tengok apa aja sih, lagu yang saya pilih dengan sepenuh hati dan bagi saya mewakili perasaan saya di hari itu.

1. Romantic Purple, The Milo
Karena, waktu sebelum jadian dulu, suami pernah ngasih saya kaset album Let Me Begin, The Milo. Dan saya dapat tanda-tangannya juga waktu nonton mereka live di Bandung dulu. Lagu pertama ini spesial. Sementara lagu lainnya di bawah murni karena melodi dan liriknya yang saya suka dan kalau dengar ya remind me of him or how he makes me feel.

"Its the darkness in you that makes me so pure
The image of you has been burn into my eyes
I see you before me, before everything I see."



2. Thinking Out Loud, Ed Sheeran
3. The One, Kodaline
4. My Kind of Man, Vance Joy
5. You and Me, Lifehouse
6. Chasing Cars, Snow Patrol

7. Ordinary, Copeland
Lagu ini adalah esensi rasa familiar yang kita dapatkan dari sebuah long committed relationship. Sejak pertama dengar langsung mengangguk paham, pengennya sih langsung salaman yang penulis lagunya. Atau peluk, sambil sambil berbisik ke telinganya, I know what you mean, bro.

"Since you came along, my days are ordinary
We laugh just like yesterday
And I kiss you like the day before
And I hold you just like ordinary
Perhaps when the day is new
We'll find tomorrow is just ordinary too"



8. Sweet Disposition, The Temper Trap
9. She, Elvis Costello
10. Such Great High, Postal Service
11. Moon Song, Karen O
12. Lovelier than You, B.O.B

13. Mint Car, The Cure
Awal-awal jadian dulu, saya suka sekali dengerin lagu ini. Inget kan, minggu-minggu pertama jadian, gimana rasanya? Ya kayak lagu ini.

"The sun is up
I'm so happy I could scream!
And there's nowhere else in the world I'd rather be
Than here with you
It's perfect
It's all I ever wanted
I almost can't believe that it's for real"



14. Overjoyed, Bastille
15. Anything Could Happen, Ellie Goulding
16. Walking After You, Foo Fighters
17. Starlight, Muse
18. Grow Old With Me, Tom Odell

19. Make You Feel My Love, Adele
Saya dan suami sama-sama suka lagu ini. Bedanya, dia suka versi Bob Dylan, saya suka versi Adele. Tapi emang, sih, pas denger lirik kayak gini dinyanyiin cowok dan membayangkan seorang cowok menulis lirik kayak gini, wow, that’s deep.

"When the evening shadows and the stars appear
And there is no one there to dry your tears
I could hold you for a million years
To make you feel my love"



20. Brand New Day, Kodaline
21. Oh My Love, John Lennon
22. Go All The Way, Brandon Flowers
23. Mirror, Justin Timberlake
24. If, Bread

25. The Only Exception, Paramore
Pertama kali denger lagu ini, saya merasa Hayley Williams abis dengerin curhatan saya. It is so uncanny bagaimana seseorang yang nun jauh di sana bisa menyanyikan perjalanan hidup kita, yah, guys?

"And I've always lived like this
Keeping a comfortable distance
And up until now I have sworn to myself
That I'm content with loneliness
Because none of it was ever worth the risk
Well you are the only exception"




26. I Will Follow You Into The Dark, Death Cab For Cutie
27. Let Me In, Grouplove
28. Oblivion, Indians
29. You Belong to Me, Bob Dylan
30. The Last Beat of My Heart, Devotchka

31. Lifening, Snow Patrol
Sejak saya sadar kalau saya akan segera menikah, setelah dilamar, lagu ini tiba-tiba makin masuk akal. Dan jadi sangat masuk akal.

"A hand upon my forehead, the joking and the laugh
Waking up in your arms, a place to call my own
This is all I ever wanted from life"



32. Bright Lights, Thirty Seconds To Mars
33. Kiss Me, Ed Sheeran
34. Double Rainbow, Katy Perry
35. Loud Like Love, Placebo
36. Budapest, George Ezra

37. I Love You Anyway, Mocca
Ini sesungguhnya himne saya dan suami. Apalagi di tahun-tahun awal, waktu baru tahu sifat ngeselin masing-masing. Tapi kok ya enggak putus? Ya, gitu, deh, seperti kata Mocca. Apa lagi pas lirik yang ini, saya si tukang ngeluh, dan dia yang suka pake baju itu-itu aja.

"Now here it comes, you complain again
Complain about everything
It's driving me mad
Now look at you, wearing that shirt again
Don't you realize how ugly that thing is
"




See, appropriate, right?
HA HA HA.

Yah, seenggaknya saya sudah berusaha menyiapkan wedding song list. Dan suami sudah menyiapkan semua lagunya beserta Degung Sunda di dalam sebuah flash disk. Dan walaupun enggak diputar, we were happy. It was never about other thing than us being married anyway. Dan ini bakal jadi kisah yang bisa diceritakan kalau suatu saat nanti punya anak, kalau dia lagi kecewa betawa kenyataan enggak sesuai keinginan padahal dia sudah berusaha. Enggak juga, yah?

Ini suami saya lagi pidato. Terima kasih yah hadirin sudah mau mendengarkan.


HA HA HA.

*Oh iya, buat yang penasaran kenapa saya hanya memutar music player dan enggak menyiapkan live music di resepsi pernikahan saya, baca di sini. Ya kalau enggak penasaran, enggak dibaca juga enggak apa-apa sih.








*Here's the Spotify list!

Comments